KONTRIBUSI PETANI MEMBANGUN SALURAN IRIGASI

KONTRIBUSI PETANI MEMBANGUN SALURAN IRIGASI

     Pemerintah Desa Kedunguter Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas, mulai melaksanakan kegiatan pelaksanaan pembangunan desa yang merupakan lanjutan dari kegiatan pembangunan saluran irigasi induk tahap I yang pernah dikunjuni oleh Presiden RI Joko Widodo pada Tahun 2016 lalu.

     Hari ini pada tanggal 17 September 2018, Pembangunan Saluran Irigasi Induk Tahap ke IV yang berlokasi di sawah desa RT 01 RW 03. Kegiatan pembangunan ini termuat dalam dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2018 dengan sumber dana yaitu Dana Desa (APBN) dengan pagu anggaran Rp. 76.460.100,- dan dimensi ukuran panjang 135 meter serta waktu pelaksanaannya selama 30 hari.

     Progress kegiatan sampai dengan hari ini sudah mencapai 65% pelaksanaannya, dan dalam minggu depan akan selesai 100%. Kami melaksanakan pembangunan secara swakelola dengan melibatkan warga desa dan beberapa anggota kelompok tani. Sebab, dengan terlibatnya kelompok tani  dalam pembangunan ini, sangat berarti bagi kegunanaan / manfaat jangka panjang, agar sesuai dengan apa yang diharapkan oleh petani dan tidak mengganggu aktivitas lainnya. Kegiatan ini berlangsung lebih cepat 1 minggu dari rencana waktu pelaksanaannya. Senang dan bersemangatnya para petani membuat kegiatan ini jauh lebih hidup dengan disertai canda tawa pada saat santai.

Related Posts

Komentar